Friday, June 01, 2018

Pentingnya Memahami Asma ul Husna

BY iamhanifmajid IN No comments


Allah SWT memiliki nama-nama yang agung nan indah. Nama-nama Allah telah dirangkum dalam 99 asma yang disebut Asmaul Husna. Asma berarti ‘nama’ dan husna bermakna ‘yang baik’ (yang indah).

Allah SWT berfirman , “Hanya milik Allah-lah asma ul husna (nama-nama yang maha indah), maka berdoalah kepada-Nya dengan nama-nama itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran) dalam (menyebut dan memahami) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka lakukan.” (surah al-A’raf 7: 180)

Tidak Seperti nama makhluk, Asma ul Husna amat penting dikenal dan kita fahami agar mampu meneladani sifat-sifat-Nya dan sangat memberikan manfaat, di antaranya: Dapat menambah kecintaan kita kepada Allah SWT, dan membuat kita semakin mengagungkan dan membesarkan-Nya kita lebih mengikhlaskan segala harapan dan bertawakal hanya untuk-Nya, serta membuat rasa takut kita kepada Allah swt semakin mendalam. Kita merasa lebih dekat kepada Allah SWT dengan mengenal sifat-sifat-Nya.

Mengenal Allah SWT dengan nama beserta sifat-sifat-Nya adalah dasar keimanan sehingga iman kita akan semakin kuat. Setiap kali pengetahuan kita terhadap nama-nama dan sifat-sifat Allah SWT bertambah, maka akan semakin kuat keyakinan kita.

Sesungguhnya Allah SWT mencintai nama-nama dan sifat-sifat-Nya, dan menyukai nama-nama dan sifat-sifat-Nya ini juga terdapat pada diri kita. Allah SWT menyukai hamba yang penyayang, pengasih, dermawan, saling mencintai, penyabar, dan sebagainya.

Pengenalan Allah SWT dengan sifat-sifat dan perbuatan-Nya akan memudahkan pembentukan pribadi kita yang shalih/ah. Kita akan terus mencoba melekatkan makna asma sesuai yang kita pujakan kepada-Nya.

Mengenal sifat-sifat Allah SWT menjadikan jiwa kita tenang, hati tenteram, dada menjadi lapang, dan hati bersinar. Kita merindukan Allah SWT setelah memahami betapa indah nama dan sifat-sifat-Nya, mengharap keredhaan, ingin selamat dari kemurkaan dan siksaan-Nya.


Hanif Majid

0 comments:

Post a Comment

Comment

javascript:void(0)